RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
A. Identitas
Nama Sekolah : SMP Negeri Malang
Mata pelajaran : Geografi
Kelas/semester : VIII /dua
Standar Kompetensi : Memahami persebaran gunung berapi dipulau jawa
Kompetensi dasar : Mendeskripsikan persebaran gunung berapi dipulau jawa beserta karakteristiknya
Indikator :
Ø Menjelaskan letak gunung berapi dipulau jawa
Ø Mengidentifikasi gunung berapi dipulau jawa
Alokasi Waktu : 2X 45 Menit
B. Tujuan pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran selesai, siswa dapat :
1. Menyebutkan gunung berapi yang ada dipulau jawa
2. Menjelaskan karakteristik gunung berapi dipulau jawa
3. Memahami pola persebaran gunung berapi dipulau jawa
4. Menjelaskan identitas gunung berapi dipulau jawa
C. Materi Pembelajaran
1. Indonesia adalah Negara yang memiliki gunung berapi terbanyak didunia
2. Setiap provinsi dipulau jawa memiliki gunung berapi dengan jumlah yang berbeda-beda
3. Perbedaan jumlah gunung berapi diprovinsi yang ada dipulau jawa dipengaruhi pada proses geologi yang berbeda antara satu provinsi dengan provinsi yang lain, hal ini terkait pula dengan proses pengangkatan yang tidak sama disetiap tempat.
4. Karakteristik gunung berapi dipulau jawa berbeda beda, termasuk identitas dasarnya seperti ketinggian, letak geografisnya, dll.
D. Metode
1. Ceramah
2. Game Explorer
3. Penugasan
E. Langkah-langkah Kegiatan
Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu |
Pendahuluan | 10 Menit |
1. Memeriksa kebersihan kelas dan mengabsen siswa | 3 Menit |
2. Apersepsi : Menjelaskan kepada siswa tentang kondisi Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi yang dalam hal ini kemudian dikhususkan di wilayah pulau jawa. | 7 Menit |
Kegiatan Inti | 65 menit |
1. Guru menjelaskan tentang wilayah Indonesia yang memiliki banyak gunung berapi 2. Siswa mendengarkan dan membaca materi tentang gunung berapi di indonesia | 20 menit |
3. Guru membentuk 4 kelompok yang anggota kelompoknya heterogen 4. Siswa mencari teman kelompok belajarnya 5. Guru menugaskan kepada masing-masing kelompok untuk memilih ketua kelompok 6. Siswa bermusyawarah untuk memilih ketua kelompok 7. Guru menjelaskan kepada siswa mengenai aturan permainannya 8. Siswa mendengarkan mengenai aturan permainannya 9. Guru memanggil ketua kelompok untuk mengambil amplop pertama dan melaksanakan tugas yang tertera pada amplop 10. Ketua kelompok maju ke depan mengambil amplop dan melaksanakan tugasnya 11. Siswa mengambil isi amplop 1, menyerahkan jawaban ke guru dan mengambil ampop yang kedua 12. Guru mengecek jawaban siswa dan menyerahkan amplop yang kedua 13. Siswa melaksanakan perintah yang tertera di amplop yang kedua dan melakukan hal yang sama sampai pada amplop yang keempat 14. Guru meminta kepada seluruh kelompok untuk melaksanakan tugas utama yang berada di dalam amplop yang pertama sampai amplop yang keempat 15. Siswa melaksanakan tugas utama dan mempresentasikan di depan kelas | 45 menit |
Penutup | 15 menit |
16. Guru menyuruh kepada siswa untuk menyimpulkan materi yang disampaikan 17. Siswa menyimpulkan materi yang dipelajari berdasarkan pendapatnya sendiri 18. Guru memberikan penguatan terhadap kesimpulan siswa 19. Guru memberikan tugas rumah kepada masing-masing siswa untuk memdeskripsikan potensi bencana dan pariwisata dari gunung berapi | |
E. Sumber dan media Pembelajaran
1. Berbagai buku panduan Geografi SMP kelas 2
2. Sudarmi, Sri.2008.Galeri Pengetahuan Sosial Terpadu.DEPDIKNAS.Jakarta
3. Buranda JP.2009 .Geologi Indonesia. Geografi:UM
4. keadaan penduduk di sekitar rumah siswa
5. Koran, Majalah, Artikel, Internet.
F. Penilaian
RUBRIK PENILAIAN EXPLORE GAME
No | Kriteria | Skor | Catatan |
1. 2 . | Kognitif (pengetahuan) Ø Mutu jawaban soal pertama Ø Mutu jawaban soal kedua Ø Mutu jawaban soal ketiga Ø Mutu jawaban soal keempat Ø Mutu hasil Diskusi Afektif (sikap) - Sikap siswa saat melakukan permainan. - Keaktifan siswa saat melakukan permainan - Kekompakan anggota kelompok | | |
RUBRIK PENILAIAN PEKERJAAN RUMAH
No | Kriteria | Skor | Catatan |
1. 2. 3. | Kognitif (pengetahuan) - Hasil laporan pengamatan siswa. - Kemampuan siswa dalam memberikan solusi untuk mengatasi masalah di lapangan Afektif (sikap) - Sikap siswa saat presentasi.. Psikomotorik (keterampilan) - Mengukur kemahiran siswa dalam menyusun laporan. | | |
Keterangan:
Untuk setiap kriteria, diberi skor dengan skala 1 – 5, dimana 5 adalah skor tertinggi dan 1 adalah skor terendah.
1 = Rendah
2 = Cukup
3 = Rata-rata
4 = Di atas rata-rata
5 = Istimewa
Mengetahui, Malang, ................ ....200..
Kepala SMP Negeri Malang Guru Mata Palajaran
NIP. NIP
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Silahkan kasih komentar, asal ga' anarkis . . .